Blogger Widgets welcome to..tanah-gw.blogspot.com soal & jawaban: mata kuliah : Logika & algoritma - kongkow
Jumat, 30 Mei 2014

soal & jawaban: mata kuliah : Logika & algoritma

.     1.
Dalam menyusun suatu program, langkah pertama    yang harus dilakukan adalah :
a.Membuat program                b. Membuat Algoritma                      
c. Membeli komputer             d. Proses
     2.
Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti    untuk menyelesaikan sebuah masalah disebut :
            a. Proses                      b. Program      
            c. Algoritma                d. Prosesor
    3.
Pseudocode yang digunakan pada penulisan algoritma         dapat berupa :
            a. Bahasa Inggris
            b. Bahasa Puitis
            c. Bahasa pemrograman
            d. Sembarang bahasa asal terstruktur
    4.
Pada saat pembuatan program komputer, algoritma dibuat :
            a. Sebelum pembuatan program
            b. Pada saat program dibuat
            c. Sesudah pembuatan program
            d. Pada saat verifikasi program

     5.
Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :
a. Masalah – Pseudocode – Flowchart – Program –    Eksekusi – Hasil
b. Masalah – Algoritma – Flowchart – Program –       Eksekusi – Hasil
c. Masalah – Model – Algoritma – Eksekusi – Hasil
d. Masalah – Model –  Algoritma – Program – Eksekusi– Hasil

     6.
Diketahui bahwa kantong P kosong, kantong Q berisi 10 buah kelereng dan kantong R berisi 15 kelereng.  Apabila yang terbawa hanya sebuah kantong dan dikatakan BUKAN Kantong P yang terbawa, maka jumlah kelereng           yang terbawa adalah :
            a.10                                         b. 15
            c.10 atau 15                            d. 10 dan 15

.     7.
Diberikan algoritma : Apabila warna merah maka jadi hijau.  Apabila warna hijau maka jadi putih, selain     warna merah    dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah             hitam, maka warna jadi  :
            a. Merah                                              b. Ungu
            c. Hijau                                                d. Putih
          
     8.
Instruksi P=Q akan mengakibatkan nilai P = nilai Q, dan                  nilai Q menjadi :
                        a. Menjadi Sembarang Nilai
                        b.  Menjadi hampa     
                        c.  Q tetap       
                        d.  Menjadi 0

   9.
Apabila a=5, b = 10, maka jika diberikan instruksi a=b;                     b=a  akan mengakibatkan :
                        a. a=0 , b=5                             b. a=10, b=5
                        c. a=10 , b=0                           d. a=10, b=10
. 10.
Diberikan algoritma P=10; P=P+5; Q=P.   Nilai P dan Q      masing-masing adalah:
                        a.  15 dan 0                             b. 0 dan 15
                        c. 15 dan 15                            d. 10 dan 15

11.   
Type data yang hanya mengenal kondisi True atau False       pada Pascal programming , adalah :
            a. IF                             b. Bool
            c. Integer                                 d. Character

12.
Dalam bahasa Pascal terdapat suatu tipe data yang   nilainya tidak boleh memiliki nilai desimal, yaitu :
            a. Real                         b. Bool
            c. Integer                     d. Character

13
Program Pascal dirancang pertama kali oleh :
            a. Al Khawarizmi                                b.Blaise Pascal
            c. Prof. Niklaus Wirth                        d. Borland

14
Fungi standard yang digunakan untuk mengetahui nilai        pendahulu dari suatu variabel disebut
            a. ORD                                                b. SUCC
            c. PRED                                             d. DIV

15
Pada Tipe data Boolean, berlaku operator-operator :
            a. IF                             b. AND, OR, NOT
            c. True, False               d. CASE

16
Simbol flowchart yang digunakan sebagai awal dan akhir suatu proses adalah….
            a. Terminal                             b. Preparation
            c.  Decision                             d.  Input

17 
Urutan instruksi-instruksi atau langkah-langkah yang            menggunakan bahasa awam disebut :
            a.  Algoritma               b. Flowchart
            c.  Pseudocode                        d. Program


 18
Struktur pernyataan yang BUKAN berupa perulangan          (looping) adalah :
            a. For …. End             b. While Do    
            c. Repeat Until                        d. Case_and(x)

19
Suatu proses pengulangan kembali alur kerja disebut…
            a.  Branching                           b.  Looping 
            c.  Rekursif                              d.  Iteratif



20
Diberikan penggalan algoritma :         repeat
                                                            write (x) ; x=x-1
                                                            until  x<7
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang           ditampilkan berturut-turut adalah
            a. 9, 8, 7          b. 9, 8              c. 9                  d. 8, 7
  
22
Konsep Menara Hanoi merupakan salah satu dari    contoh proses :
            a. Iteratif                                 b. Transitif                                       
            c. Rekursif                               d. Branshing

23
Suatu Proses yang memanggil dirinya sendiri , disebut          proses :
            a. Iteratif                                 b. Transitif      
            c. Rekursif                              d. Branching

24
Rekursif adalah :
            a. Suatu prosedur yang dapat dipanggil
            b. Suatu proses yang bisa memanggil dirinya sendiri
            c. Suatu proses yang dipanggil melalui suatu prosedur
            d. Suatu prosedur Looping             
                                                   
25
Pada Menara Hanoi banyaknya pemindahan untuk  N          buah piringan  ke menara tujuannya adalah :
            a. 2n +1                                   b. 2n -1
            c. 2n+1                                    d. 2n-1

26
Untuk menyelesaikan masalah menara Hanoi dengan            banyaknya piringan ialah 6 buah , maka diperlukan        pemindahan sebanyak :
            a. 19 kali                                  b. 63 kali
            c. 31 kali                                  d. 32 kali
27.  Dalam bahasa C++ terdapat suatu tipe data yang nilainya tidak boleh memiliki nilai desimal, yaitu :
a. float    d. Char
b. Bool  
c. Int

28.  Program C++ dirancang pertama kali oleh :
a. Al Khawarizmi          d. Dennis Ritchie
b.Blaise Pascal             
c. Prof. Niklaus Wirth

29.  Tipe data yang digunakan untuk menampung sebuah karakter adalah :
a. string
b. int
c. char 
d. bool


$ semoga sukses $

@egenpranata



11 komentar:

jam

time is money

Blog bacaan

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
kongkow © 2013 Supported by Best Blogger Templates and Premium Blog Templates - Web Design